Membangun Bisnis dari Sampah

Leave a Comment
KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
Membangun Bisnis dari Sampah
















Disusun Oleh: 
             Nama                   :Ardi widiatmoko
                            Kelompok            : E
                            Kelas                    : 16-SI-05
                            Jurusan                 :  S1 Sistem Informasi


UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
2017




 
Kata Pengantar
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lag Maha Penyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadiran-Nya yang telah melimpahkan rahmat,hidayah, dan inayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan karya ilmiah tentang Membangun Bisnis dari Sampah .
            Makalah ilmiah ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memerlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
            Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi kalimat maupun tata bahasnya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala kritik dan saran dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini
            Akhir kata kami berharap semoga karya ilmiah ini dapat  memberikan manfaat maupun inspirasi terhadap pembaca.
                                                                                                            Yogyakarta ,16 Februari 2017
                                                                                                                        penyusun
                                                                                                                       

                                                                                                            Ardi Widiatmoko











ABSTRAKSI

Sampah adalah masalah utama di dunia ini ,banyak bencana diakibatkan dari perilaku manusia karena salah dalam mengelolah sampah,Indonesia adalah Negara berpenduduk terbanyak no. 3 di dunia (255,461,700 jiwa) berada di negara ini jika masyarakat kita belum sadar tentang pengelolaan sampah
                Banyak orang –orang yang masih suka membuang sampah sembarangan,dan perilaku dapat mengakibatkan bencana yang akan berdampak kepada diri kita sendiri seperti banjir,sungai tercemar yang dapat mengakibatkan penyakit diare ,muntaber, dan penyakit penyakit lainya.
                Oleh karena itu kita harus merubah perilaku kita dalam mengelola sampah dari dari dibuang ke sungai atau ketempat sembarangan sebaiknya kita mengolahnya dan menanfaatkanya dengan baik.agara dapat memperoleh nilai ekonomis dan nilai etestika

 


ISI
Banyak orang mengeluh tentang pengelolaan sampah di lingkungan sekitar kita,banyak juga masyarakat yang belum mengerti bagaimana pengelolaan sampah yang baik dan benar, hingga banyak yang mebuang sampah seembarangan baik di selokan maupun di pekaraan yang tidak terpakai .tindakan ini dapat menimbukan penyakit, bencana buatan dan menganggu keindahan di lingkungan sekitar.
 Sebenarnya masalah tersebut dapat medapatkan nilai lebih jika kita dapat mengolahnya dengan baik, tentu kita ketelatenan dan kededikasikaan sangat tinggi agar dapat berjalan dengan baik, pengelolaan tersebut dapat kita mulai di lingkungan keluarga kita, dengan memisahkan sampah organik dengan sampah tidak biasa terurai dengan demikian kita memulai pengelolaan sampah.
Perlu kita ketahui sampah yang kita lihat setiap hari memiliki bebrapa jenis:
Berdasarkan sumbernya
Sampah terbagi dalam 6 kategori:
Sampah Alam, sampah yang berasal dari alam dan mengalami proses daur ulang secara alamiah. Seperti daun kering,ranting pohon dan lain sebagainya.
Sampah manusia , sisa-sisa pencemaran manusia seperti feses dan urin.
Sampah konsumsi ,sampah yang berasal dari permanfaatan atau konsumsi yang dilakukan manusia, seperti bungkusan makanan, botol minuman dan lainya.
Sampah nuklir. Limbah dari pemrosesan atau pembuatan nuklir, limbah ini memiliki kandungan zat yang berbahaya bagi kehidupan, yaitu uranium dan thorium.
Sampah industry, limbah cair dan padat dan produksi
Sampah rumah tangga, sisa hasil aktivitas rumah tangga seperti kertas,plasik,air cucian dan lain sebagainya
Sampah perkantoran ,sampah yang berasal dari kawasan perkantoran dan pusat perbelanjaan seperti plastik, keras,  tekstil dan lainya.

Dengan pengelolaan yang baik ini kita kita dapat mendapatkan nilai ekonomis, beberapa contoh peluang usaha dari bisnis pengelolaan sampah :
1.       Usaha Pengelolaan Sampah Korporat
Dengan adanya UU Nomor 18 Tahun 2008 yang memuat tentang sebuah kewajiban tiap-tiap komunitas untuk mengelola sampah secara lebih mandiri bias memberikan pengaruh terhadap ide bisnis yang berkaitan dengan usaha pengelolaan sampah. Meskipun sudah biasa diprediksi. Peluang bisnis ini sangat terbuka dan menarik untuk di kembangkan, apalagi sampah-sampah tersebut selalu dihasilkan oleh banyak perusahaan, baik kecil maupun besar. Rasa tanggung jawab dan sebuah kewajiban dalam melaksanakan pengelolaan sampah bisa jadi peluang usaha untuk sekelompok usaha kecil terfokus pada usaha ini.
2.       Usaha Pengangkutan Sampah
Pengangkutan sampah merupakan salah satu ide bisnis yang cukup menarik untuk di kembangkan. Dalam lingkungan perkotaaan / perumahan yang padat penduduknya, jumlah sampah pastilah besar dan menunggu untuk segera dibersihkkan. Masih lambatnya proses pengangkutan sampah yang dikerjakan oleh dinas kebersihan kota, bisa menjadi salah satu keuntungan untuk memulai usaha pengangkutan sampah.
3.       Usaha Barang bekas
Jenis sampah yang di hasilkan oleh masyarakat sangatlah bermacam-macam. Barang-barang yang dianggap tidak dibutuhkan padahal masih bisa dipakai, sangatlah mungkin untuk dibuang begitu saja oleh pemiliknya.
4.       Bisnis jual beli sampah
Masa depan tidak ada yang tau. Jenis usaha ini merupakan salah satu jenis usaha yang sering kali kita jumpai berhubungan dengan bisnis pengolahan sampah. Bisa jadi tumpukan sampah-sampah plastik ataupun logam-logam yang hasil limbah menjadi sebuah hiasan rumah yang begitu cantik serta bisa dijadikan perabotan rumah tangga yang memiliki nilai jual yang tinggi. Berbagai jenis sampah baik itu organik maupun anorganik bisa Anda kreasikan menjadi sebuah kerajinan yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.
5.       Usaha Daur ulang sampah
Jenis usaha ini merupakan salah satu jenis usaha yang sering kali kita jumpai berhubungan dengan bisnis pengolahan sampah. Bisa jadi tumpukan sampah-sampah plastik ataupun logam-logam yang hasil limbah menjadi sebuah hiasan rumah yang begitu cantik serta bisa dijadikan perabotan rumah tangga yang memiliki nilai jual yang tinggi. Berbagai jenis sampah baik itu organik maupun anorganik bisa Anda kreasikan menjadi sebuah kerajinan yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.
6.       Bisnis pupuk kompos organik
Tentunya selain sampah-sampah plastik juga ada sampah organik yang biasanya dihasilkan dari limbah rumah tangga atau sisa tanaman. Sampah organik ini bisa kita olah menjadi pupuk kompos yang memiliki nilai jual yang tinggi. Apalagi manfaat pupuk kompos juga bagus untuk menjaga kesehatan lingkungan disamping membantu pertumbuhan tanaman



Referensi
www.sipendik.com/contoh-peluang-usaha-pengolahan-sampah/
http://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/cara-pemanfaatan-sampah
Next PostPosting Lebih Baru Previous PostPosting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.